Breaking

LightBlog

Saturday, 8 April 2017

Laporan Wawancara Tata Tertib Sekolah




Lembar pengesahan

Laporan ini kami susun untuk memenuhi tugas mata pelajaran sosiologi dan untuk menambah pengetahuan tentang pengaruh melanggar  Tata tertib di Madrasah bagi pelajar da berdampak di lingkungan  sehari – harinya.


                                                                                                Di sahkan  Mengetahui
        Guru Mapel


         
     Djumiran, S.Pd





A.    Topik               : Fenomena pelajar melanggar tata tertib sekolah
Judul               : Pengaruh perilaku tidak di siplin bagi seorang pelajar yang
              berdampak di lingkungan sehari – hari.
Variabel           : Ketidakdisiplinan dan kelainan seorang pelajar di madrasah atau
  sekolah
Subjek / Populasi : Pelajar SMA, MA,SMK Sederajat.
Rumusan Masalah : - Faktor – faktor apa saja yang mendorong pelajar terhadap
                          perilaku tidak di siplin?
-          Pergaulan apa saja yang mempengaruhi perilaku tidak disiplin.
-          Bagaimana cara menyikapi perilaku tidak disiplin yang polanya negatif ?

Pertanyaan – pertanyaan :
1).  a.  Bagaimanakah perilaku siswa yang tidak di siplin ?
      b.  Mereka cenderung membangkan , berani dengan Guru, berperilaku tidak  
           sopan, sering tidak mengerjakan tugas dan terlambat.
2).  a.  Bagaimanakah pola perilaku siswa yang disiplin ?
      b.  Mereka patuh sopan dengan gurunya, rajin mengerjakan tugas dan tidak sering
           terlambat.

3).  a. Bagaimanakah cara mengatasi perilaku pelajar yang tidak disiplin ?
      b. yaitu dengan memberikan peringatan , pengarahan,dan memberikan sanksi yang
          tugas bila pelanggaran yang di lakukan berat seperti tawuran antar pelajar , adu
          jotos, miras, ikut – ikutan merampok dan beberapa tindakan lainnya.

4).  a. Faktor – faktor apa saja yang mendorong perilaku tindak di siplin bagi pelajar ?
       b. Menurut saya faktor yang mendorong perilaku tidak tidak disiplin ialah
           pergaulannya, apabila seorang pelajar bergaul dengan teman yang benar
           kemungkinan besar ia tidak akan melakukan suatu pelanggaran perasaan yang
           tertekan yaitu seorang pelajar merasa tidak nyaman atau merasa di tekan oleh
           sebuah peraturan yang memunculkan rasa ingin memberontak terhadap  
           peraturan tersebut.



5).  a. Perilaku yang seperti apa yang mempengaruhi perilaku tidak di siplin ?
      b. Yaitu pengaruh seperti , anak punk , geng – geng dan yang menjerumuskan ke
          sifat negatif.

6).  a. Bagaiman menyikapi perilaku tidak disiplin yang polanya negatif ?
      b. Dengan cara memilih teman bergaul, bila teman itu mengajak kita kea rah baik
          maka jadikanlah temanmu apabila temanmu ke arah yang buruk maka jauhi
          tetapi tetap  berteman dengan menjaga jarak pergaulan agar kita tidak ikut
          terjerumus juga intinya jaga diri dengan sebaik mungkin.

7).  a. Modal apa yang di butuhkan tidak ikut terjerumus  ke hal yang negative ?
      b. Kuncinya yaitu Iman dan Taqwa , apabila anak memiliki iman dan Taqwa    
          maka pasti ia tidak akan terjerumus ke arah negatif karena dirinya telah
          terbentangi dengan Iman dan Taqwanya.

8).  a. Dengan apa cara kita agar tidak melanggar tata tertib ?
      b. Dengan cara menumbuhkan rasa rajin, tidak gampang putus asa, tidak merasa
          di tekan dengan adanya peraturan – peraturan tertentu dengan cara di jalani dan
          di nikmati karena itu untuk kebaikan kita juga.

9).  a. Bagaiman peranan Guru untuk membentuk Karakter yang didiplin ?
      b. Sangat berperan penting sebab jika kalau anak sedang mencari jatidirinya ia
          membutuhkan motivas – motivasi dari gurunya agar merasa bergerak hatinya
          untuk lebih rajin giat belajar dan disiplin.

10).  a. Apa kerugian yang di peroleh pelanggar tata tertib ?
        b.  mereka akan rugi waktu untuk belajar karena di sanksi oleh guru BK atau BP.

11).  a.  Apa manfaat berperilaku disiplin ?
                    b.  Kita tidak merasa rugi tidak kena hukuman dan point.

12).  a.  Termasuk pelanggaran apakah tindakan kriminal itu ?
                    b.  Itu termasuk tindakan pelanggaran berat jika dilakukan di sekolah maka
                         terancam di keluarkan atau di buatkan suratb panggilan.
13).  a.  Apakah pernah terjadi Tawuran antar pelajar ?
        b.  Pernah

14).  a.  Apa penyebabnya ?
                    b.  Biasanya ejek –ejekan yang sepele yang di besar – besarkan

15).  a.  Contohnya hal – hal yang seperti apa ?
                    b.  Misalnya kalah tanding  Futsal tidak terima atas kekalahannya.

16).  a.  Apa penyebab dari siswa yang terlambat berangkat sekolah ?
        b.  Kemungkinan besar , malamnya ia begadang sampai larut malam , bisa juga
             kalau malam mampir ke warkop ( warung kopi).

17).  a.  Apakah jalan yang harus di lakukan untuk mengatasi itu ?
        b.  Dengan memberikan pengarahan kepada pelajar dan orang tua harus
             mengetahui atau mengawasi setiap aktivitas – aktivitas anaknya.

18).  a. Langkah apa yang di ambil sekolah untuk member sanksi kepada yang
            terlambat ?
                    b.  Kalau di Sekolah Madrasah biasanya di suruh Mengaji surat – surat pendek.

19).   a. Apakah Terlambat sekolah marak terjadi ?
                     b.  Ya. Hampir setiap hari di sekolahan pasti ada yang terlambat

20).  a.  Apakah masih banyak siswa yang Ngeblong atau bolos sekolah ?
                    b.  Ya. Perbuatan itu masih sangat marak terjadi di kalangan pelajar.




KESIMPULAN

Bentangilah hidup anda dengan Imam dan Taqwa dan jadikanlah diri kita sebagai seorang yang di siplin di segala hal dan jangan jadi orang yang tidak di siplin di segala hal, karena itu tidak baik untuk diri kita dan bagi masa depan kita.


No comments:

Post a Comment

laporan praktek pemasaran

laporan praktek pemasaran BAB I DESKRIPSI ASPEK USAHA 1 .1. Latar Belakang Usaha             Dengan semakin berkembangnya...

Adbox